Post Top Ad

Post Top Ad

Wednesday, November 20, 2013

KEBUTUHAN NUTRISI IBU NIFAS DAN MENYUSUI

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgv18EkE-wMWzbKVkQ7vceinL1E5SVG_pWrOLq7dZeQyaOGwitKgkqs97w6dsEa3_KQh3Q8ma8X9o8Pm9yWh4ulL1dTCh6Rmla6UrYzUJBQZwZOgFeNvsJlmucDB-h6LFu8HAULzZD13L4/s1600/materimedik-cover-depan.jpg


1. NUTRISI
Nutrisi atau gizi adalah substansi organik yang dibutuhkan organisme untuk fungsi normal dari sistem tubuh, pertumbuhan, pemeliharaan kesehatan. Nutrisi berupa vitamin, mineral, rempah rempah, asam amino, mengandung unsur makanan untuk meningkatkan kecukupan gizi konsentrat, zat metabolik, ekstrak atau kombinasi dari bahan tersebut.

2. YODIUM 

Yodium adalah salah satu mineral yang dibutuhkan oleh tubuh karena unsur yodium sangat penting bagi perkembangan sel-sel tubuh termasuk kesehatan otak. Yodium dibutuhkan untuk membentuk hormon tyroid yang nantinya akan diserap di usus dan disirkulasikan menuju bermacam-macam kelenjar.

http://catatanseorangahligizi.files.wordpress.com/2012/06/garam_yodium.jpg 
Akibat dari kekurangan yodium akan mengganggu kerja hormone tiroid yang dapat mengakibatkan :
- Berat otak yang kurang
- Terjadi kelainan jumlah sel pada otak
- Besar sel pada cerebellum mengecil
- Pembentukan dendrit pada neuron terganggu
- Hubungan antar sinapsis pada otak menjadi terhambat
- Merusak jaringan telinga
- Sintesis protein di otak, mielinisasi, interkoneksi akan terganggu
- Kekurangan yodium pada wanita hamil kadang-kadang menyebabkan bayi meninggal dunia atau dilahirkan dengan kelambatan mental dan/atau tuli (krenitisme) meskipun si ibu tidak menderita penyakit gondok.

Makanan yang banyak mengandung unsur yodium :
Ikan laut
Ganggang-ganggangan
sayur-sayuran hijau

3. Vitamin A 
Vitamin A atau dikenal juga dengan nama Retinol merupakan vitamin yang sangat diperlukan tubuh. Selama ini, kebanyakan dari kita hanya mengenal vitamin A sebagai vitamin yang berfungsi menjaga kesehatan mata. Namun sebenarnya, fungsi dari vitamin ini sangatlah banyak.

Retinol adalah bentuk hewan vitamin A yang disimpan dalam hati setelah penyerapan dan digunakan oleh tubuh ketika dibutuhkan. Dengan menelan tertentu buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan suplemen, Anda dapat memastikan asupan vitamin A Anda terpenuhi. Rata-rata orang harus mengkonsumsi setidaknya 900 mikrogram vitamin A per hari, dan tidak lebih dari 3.000 mikrogram.

http://sehatkufreemagazine.files.wordpress.com/2013/06/depositphotos_6559763-vitamin-a-fruits-and-vegs.jpg

Vitamin A mempunyai beberapa fungsi di dalam tubuh fungsi utama vitamin A adalah untuk penglihatan, vitamin  A merupakan komponen penting dalam retina mata. Demikian juga pada bayi yang berumur kurang dari 6 bulan, kebutuhan Vitamin A di peroleh dari air susu ibu, ASI mampu mencukupi kebutuhan Vit A pada bayi tetapi Vit A dalam air susu sangat di pengaruhi oleh jumlah makanan yang di konsumsi selama menyusui, untuk itu ibu nifas di anjurkan banyak mengkonsumsi sayuran terutama yang mengandung Vit A.

 4. ASAM FOLAT

Merupakan vit yang larut dalam air dan kaya akan nutrisi.vit ini juga bermanfaat pada ibu nifas karena vit tersebut banyak terkandung dalam sayur-sayuran hijau seperti brokoli, bayam, kangkung, sawi, dan juga kacang-kacangan. Yang sangat be rguna untuk menungkatkan kualitas sel darah merah sehingga dapat mencegah anemi.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEien7Sldhy6MCBPhVptaZFQvHz9m30nbmASWvNWycJnHBGP6JygO_UpWhXP-3MVwiBJuINiVmNNo9r1mgzwgrVlUXP0DVs7AxNqCnBN72JpPYxrnHsdfxZV_lt4NSKtGkuYukxVM8gAHFTE/s1600/vitamin-b9.jpg

Vitamin B9 atau yang dikenal dengan nama Asam Folat merupakan salah satu vitamin yang sangat penting terutama bagi wanita hamil maupun ibu nifas dan menyusui. Pada ibu hamil, asam folat ini berfungsi membantu perkembangan otak janin, sehingga mencegah bayi lahir cacat. Ibu hamil membutuhkan setidaknya 400 mcg - 600 mcg asam folat setiap harinya.

5. FE ( zat besi ) 

Peningkatan sirkulasi darah dan serta menambah sel darah merah (HB) untuk daya angkut O2 mencukupi kebutuhan. Serta untuk mencegah terjadinya anemia pasca persalinan di anjurkan untuk mengkonsumsi tablet zat besi(Fe 15 mg) dan mengkonsumsi makanan seperti : kuning telur, hati, daging, kerang, kacang- kacangan dan sayuran hijau.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgkG0Yd0ZoRCDz4sW4YxmG-l1KY5mfdWzgUb_NahcT-WSeDaZbtCHbOjOjzepBGtw4AA-17gkRHKb88uFfg_bipCjM4bX03Vlsxqo4-O7bKlrOqTBXGbkbAjuJyexhFNWXMT2XVvBuil8rm/s1600/zat-besi_thumbmedium.jpg
Zat besi adalah suatu zat dalam tubuh manusia yang erat dengan ketersediaan jumlah darah yang diperlukan. Dalam tubuh manusia zat besi memiliki fungsi yang sangat penting, yaitu untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringan dan mengangkut electron di dalam proses pembentukan energi di dalam sel

6.  KALSIUM 
Kalsium adalah mineral penting yang paling banyak dibutuhkan manusia. Kalsium membantu pembentukan tulang dan gigi dan diperlukan untuk pembekuan darah, transmisi sinyal pada sel saraf, dan kontraksi otot. Kalsium membantu mencegah osteoporosis. Dari semua kalsium yang terkandung dalam tubuh manusia, 99% terletak di tulang dan gigi.
Kalsium juga tampaknya berperan dalam menurunkan tekanan darah, dan terbukti mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler pada wanita post-menopause.
http://pusatstokis.com/wp-content/uploads/2013/03/Sumber-Makanan-Kalsium-Tinggi.jpg

Kalsium berguna untuk pertumbuhan gigi anak : susu, keju,teblet Ca (250 mg). Untuk mendapatkan kalsium dan vit D bisa di peroleh dari susu rendah kalori, atau melakukan aktivitas berjemur di pagi hari.

7.  VITAMIN 

Selama proses menyusui, kebutuhan akn vitamin harus tetap terjaga. Vit sebagia nutrisi ibu nifas antara lain Vit A, Vit B6, dan Vit E.

Vitamin A berguna untuk kesehatan kulit, kelenjar, serta kesehatan mata, untuk memenuhi asupan vit A ibu dapat memprolehnya pada telur, hati, keju.

Vit B6 membantu penyerapan protein dan meningkatkan fungsi syaraf. Nutrisi vit B6 sekitar 2,0 mg perhari. Vit B6 dapat diperoleh dari daging, hati, padi-padian, kacang polong dan kentang.

Vit E bermanfaaat sebagai anti oksidan meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh. Sumber vit E diperoleh dari kacang kacagan, minyak nabati, dan gandum.

Vitamin dan mineral yang paling mudah menurunkan kandungannya Dalam makanan adalah vit B6, Asam folat kalsium, seng, dan magnesium.

No comments:

Post a Comment