Post Top Ad

Post Top Ad

Wednesday, May 15, 2013

Diet Sehat Menggunakan Buah Pisang

Pisang adalah makanan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Bagi seorang atlet, pisang dapat memberikan energi yang lebih banyak dibandingkan buah-buahan lainnya. Pisang merupakan sumber vitamin B dan kalium. Serat alami dalam pisang juga berkontribusi dalam menjaga kesehatan pencernaan, mencegah struk, meningkatkan tekanan darah, menambah energi, serta dapat meningkatkan mood.
Pisang
Selain manfaat di atas, ternyata manfaat pisang lainnya adalah dapat menurunkan berat badan. Walaupun banyak mengandung nutrisi dan dapat menambah energi, pisang memiliki kalori dan lemak yang rendah. Pisang memiliki enzim yang akan membuat usus dapat mencerna makanan denga baik.
Masukkan pisang sebagai menu diet Anda. Diet pisang ini sebenarnya dipopulerkan oleh salah satu situs jejaring sosial di Jepang ‘Mixi’, pada bulan Maret 2008 yang lalu. anyak warga Jepang yang melaporkan keberhasilannya dalam menurunkan berat badan dengan diet pisang tersebut.
Salah satu alasan mengapa diet pisang tersebut dapat bekerja adalah karena pisang dapat meningkatkan pencernaan dan meningkatkan metabolisme. Pisang juga tinggi pati resisten, yang merupakan jenis serat yang dapat meningkatkan perasaan kenyang dan dapat menghalangi penyerapan beberapa karbohidrat yang sebagaimana kita tahu dapat meningkatkan berat badan.
Orang gemuk dianjurkan untuk mengkonsumsi pisang ketika sarapan dan ketika makan malam (paling lambat pukul 8 malam), serta menghindari makanan penutup setelah makan malam.
Selain makan pisang untuk sarapan dan makan malam, aturan lain yang harus dipatuhi adalah tidur sebelum tengah malam. Alasan di balik nasihat ini adalah berdasarkan studi ilmiah yang menunjukkan hubungan antara kurang tidur dengan obesitas.
Walaupun sedang diet, Anda tetap boleh mengkonsumsi makanan lainnya, akan tetapi tetap harus dijaga takarannya. Mengkonsumsi produk yang mengandung susu, es krim, donat dan beberapa makanan lainnya yang mengandung lemak dan gula sangat tidak di sarankan, tetapi diperbolehkan jika dalam jumlah sedikit. Menghindari kafein saat sarapan akan membuat kadar glukosa darah yang stabil dan nafsu makan berkurang.
Selain diet, Anda juga tetap harus melakukan olah raga yang teratur untuk meurunkan berat badan Anda. Berjalan atau berlari-lari kecil beberapa menit setiap hari juga bisa.
Referensi lainnya menyebutkan:
Program diet yang dikembangkan oleh Hitoshi Watanabe, yakni morning banana, populer di Korea. Penyanyi berkulit putih bening dengan tubuh langsing, Seo In Young, mengaku menerapkan diet pisang atau morning banana untuk mendapatkan tubuh ideal. Ia membocorkan rahasianya bahwa ia berhasil menurunkan 6 kg berat tubuhnya berkat diet pisang yang dijalaninya selama empat minggu.
Metode diet
Untuk sarapan, Anda hanya perlu 1-2 pisang dengan dua gelas air putih. Lalu untuk makan siang, bisa makan apa saja, tetapi hindari makanan yang mengandung banyak minyak. Untuk selingan, Anda bisa mengonsumsi 1/2-1 pisang bila mulai lapar. Atau supaya tidak bosan, boleh saja mencamil snack manis di pertengahan sore. Saat makan malam, Anda diperbolehkan makan apa saja, asalkan dengan nutrisi lengkap, dan jam makannya tidak boleh setelah pukul 20.00.
Mengapa berhasil?
Salah satu teorinya adalah pisang mengandung enzim yang bisa mempercepat proses pencernaan yang berakibat pada turunnya berat badan. Sementara itu, teori lain menyebutkan, penyebabnya adalah zat tepung yang membuat perut selalu terasa kenyang dan meningkatkan pembakaran lemak.
Saran
Meski bernutrisi dan kalori rendah (hanya mengandung 72-135 kalori), pisang tidak punya kemampuan khusus untuk menurunkan berat badan. Lebih baik gabungkan pisang dengan yogurt rendah lemak (150 kalori dan 12 gram protein) untuk sarapan lezat bernutrisi. Yang terpenting dari diet adalah, kalori yang Anda konsumsi mesti seimbang dengan kalori yang Anda bakar.
Diet Pisang Diet Pisang

No comments:

Post a Comment